Langsung ke konten utama

Eye Floater Bisa Sembuh Kok Sahabat :)

Beberapa waktu lalu EYE FLOATER ini menjadi topik yang saya sangat penting bagi saya. Eye Floater sempat mebuat saya drop dan juga sedih. Banyak blog dan situs yang isinya menurut saya kurang memberikan solusi bagi penderita.

Eye Floater sendiri biasa disebut Floaters merupakan bintik hitam kecil yang terdapat pada penglihatan kita. Floaters adalah gumpalan jel kecil atau serbuk seluler dalam vitreous (cairan serupa jel) yang mengisi rongga mata. Walaupun floaters tampak seperti berada di depan mata, mereka sebenarnya mengapung dalam cairan vitreous di dalam mata dan menyebabkan jatuhnya bayangan pada retina, lapisan dalam mata yang sensitive terhadap cahaya. Dengan menggerakkan mata ke atas dan kebawah, floaters dalam vitreous akan bergerak menjauhi garis pandang lurus anda. Floaters merupakan akibat dari proses penuaan normal ketika cairan vitreous mengalami degenerasi. (Penjelasan rinci mengenai EYE FLOATER  mungkin bisa didapatkan di berbagai sumber)


ini bagaimana Floater terlihat




Pertama kali kena Eye Floater itu saat sedang mengikuti kegiatan OUTBOND kantor di Puncak Malino, Makassar. Pas bangun tidur, ada satu bayangan hitam kecil di penglihatan mata saya (Tepatnya di mata kanan, kalo gak salah intinya cuma satu mata aja). Nah, bayangan hitam ini selalu ngikutin kemana pun saya melihat, gak stuck di satu sisi. sempat panik sih tapi karna ini kegiatan Outbond, jadinya yah di bawa happy aja. Besoknya pas bangun tidur lagi udah ada 2 bayangan hitam di penglihatan saya, tapi karna kesibukan kantor jadi sempat lupa. Besoknya lagi bangun tidur ada sekitar 4 - 5 bayangan saya muncul (PANIK), pokoknya tiap hari bayangan hitamnya selalu bertambah semakin banyak.


seperti ini nih penglihatan saya dan penderita EYE FLOATER lain rasakan
Karena sudah PANIK berkempanjangan, saya sempat merasa putus asa - sedih. Tapi pada akhirnya saya berinisiatif untuk memeriksakan mata di BALAI KESEHATAN MATA MASYARAKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN (BKMM SULSEL). Kabar baiknya, ini di Ruang Lingkup kerjanya kerabat jadi urusnya gak ribet, cuman harus melewati 10 RUANG TES MATA yang antrinya lumayan bikin pegel. Setiap ruang tes itu, semua ada tes terhadap mata, Kalo gak salah ingat lagi, di ruang kelima ini yang antrinya paling panjang, karna di ruang ini mata kita di tes mines - plus nya, dan ketahuan mataku mines.. huhuhu dipaksa pake kacamata tapi yah gak usah dulu lah yah... masih kecil adek.

Tepat di ruang 8, kita konsultasi sama dokter apa yang terjadi dan apa hal yang bagusnya kita hindari. saran dokter saat itu, NO Gorengan, banyakin makan Buah dan Sayur, NO Begadang, dan diberi resep obat yang bisa di ambil di ruang 10, ruang 9 itu untuk beli kacamata. Obat yang dokter resepkan itu adalah VITROLENTA.



Obat ini diteteskan setiap 6 jam yang berarti 4 kali sehari. awal awal di teteskan ke mata itu nyeri dan ngilu, tapi kalo udah rutin biasa aja. Disarankan untuk RUTIN pliss kalo mau sembuh (KALO DOKTER LU SARANIN OBAT INI, TAKUTNYA KITA BEDA). Pada akhirnya saya mengerti kalau bayangan hitam pada mata itu bukan berada di depan mata melainkan dibelakang mata dan diantulkan kembali ke retina. setelah hampir kurang lebih sebulan rutin pada pengobatan dan menghindari beberapa pantangan (hidup sehat never die :D) Finally ku akhirnya sembuh, padahal kalo baca di sumber lain ada yang udah bertahun tahun gak sembuh. (Udah sembuh total asli gak ada lagi)

EYE FLOATER alami nya diderita sama penderita MIOPI yang NOTABENE diatas 50 tahun, lah akoh (?!). Saran lain buat yang ngalamin hal sama, Jangan tatap MATAHARI terlalu lama, ini sebenarnya penyebab terbesarnya buat yang masih muda dan kena EYE FLOATER, jangan main hape di gelap gelapan, membaca sambil tidur, menonton tivi/laptop/PC kurang dari 1 meter. semoga selalu sehat semuaaaa.

Komentar

  1. jadi sekarang udah gmn mbak? bener bener hilang floatersnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener bener hilang.. segera ke dokter aja yah. smoga cepat sembuh. :)

      Hapus
    2. Mba saya udah dilaser tp masih blum fokus n mash ky berkabut,apa emng bgt? Menuju ke pOsisi sembuh

      Hapus
    3. Saya penderita rabun jauh kiri -11 kanan 13 sejak bertambahnya minus eyefloaters mulai muncul, setelah lasik pun eyefloaters makin bertambah disertai kilatan cahaya kata dokter ada robekan di retina sudah di laser Argon juga untuk merekatkan kembali yg mau lepas tapi masih saja penglihatan kadang Kabir dan floater makin banyak

      Hapus
    4. Minusnya sama seperti saya. Mending periksakan dokter mata spesialis retina secepatnya untuk dilihat retina nya apakah ada sobekan atau tidak.

      Hapus
    5. Klo udh robek hrs di operasi memang.floatersnya gak bakal hilang kyk adek sy

      Hapus
    6. Obat ini aman gak untuk ibu menyusui??

      Hapus
    7. maaf mba Sienaga, aku pake obat ini karna resep dari dokter. takutnya nanti kenapa kenapa, konsul dulu yah ke dokter mba :)

      Hapus
  2. Sembuhnya butuh waktu berapa lama mbak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin sekitar sebulanan lah aku sembuhnya pas obat tetesnya habis. maaf baru balas yah.

      Hapus
    2. Sekarang setelah 2 tahun bagaiman mba

      Hapus
  3. Aku udah pake itu blm sembuh" mbak... sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai resep dokter gak kak? pakenya teratur gak? kalo udah teratur dan sesuai resep dari dokter dan belum sembuh, ayo coba check up lagi ke dokter yah. semoga cepat sembuh. maaf baru balas.

      Hapus
  4. Hallo kak, saya juga sudah di beri obat vitrolenta tapi beda kemasan, namun saya yakin kegunaannya pasti sama, mudah2an saya bisa sembuh+hilang juga, saya yakin alloh SWT lah yang maha pengasih dan maha penyayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semua produk vitrolenta mmg khusus mata kak. dokter pasti tau yang kita butuh yang mana. semoga cepat sembuh yah, asal yakin dan mau usaha:)

      Hapus
  5. sy jg gini, umur 20 ,cuma floatersny satu, ditambah ada bintik2 ky cairan gt..
    kemarin dikasih obat ini jg pas ke dokter, emanag agak kerasa aneh dipemakaian pertama, takut jg , mata kok rasanya ngilu2 gimanaaa gt.
    masih ada tetes matanya, soalny aku takut pake kemaren, tkt ad efek samping...
    tp krn udah baca pengalaman mb, sy lanjutin lg deh pemakaiannya.
    semoga sembuh 😇😇
    terima kasih ya mb infonyaaa 😍😍😘
    bermanfaat banget !

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, aku juga punya adek yang pernah pakai jenis obat ini, semua efeknya sama, sedikit ngilu. jangan putus yah obatnya supaya cepat sembuh. terimakasih yah:)

      Hapus
    2. mirip saya 2minggu belakangan ini.. sekarang kondisi gmn mb ervi?

      Hapus
    3. maaf baru balas , Alhamdulillah sudah tidak pernah ada lagi floaternya dan smoga gak muncul lagi :)

      Hapus
  6. Pemakaiannya brp lama mbk? Cuman 1 bulan lalu sembuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kemarin aku pakenya kurang lebih sebulan, sampai obat tetesnya juga habis dan alhamdulillah sembuh. aku gak putus pake obatnya, dan tetap jauhi pantangan dokter.

      Hapus
  7. Mbk bintik hitamnya itu hilangnya perlahan lahan memudar atau hilang dalam sekejap waktu obatnya habis,tolong jelaskan dong mbk proses hilangnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas yah. aku kemarin hilangnya sedikit demi sedikit. misalnya ada 10 bintik hitam.. mulai berkurang menjadi 9 bintik, kemudian 8,7 dst.

      Hapus
  8. saya udh pake vitrolenta juga mba sm oculenta, setelah obat habis, udh hampir setahun blm sembuh jg floater saya, saya disarankan untuk cek darah, krn blm ada biaya saya blm cek darah sampai skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihhh udah lama juga yah.. setau saya kalo cek darah murah kok mba, dan bisa di claim bpjs. ayuk mba segera konsul lagi. semoga cepat sembuh yah.

      Hapus
    2. Sama saya juga sudah 2 tahun ini pakai vitrolenta belom berkurang padahal sudah lasik juga makin ga karuan berterbangan cairan bintik sama gely nya 😂😥

      Hapus
    3. Sama saya juga sudah 2 tahun ini pakai vitrolenta belom berkurang padahal sudah lasik juga makin ga karuan berterbangan cairan bintik sama gely nya 😂😥

      Hapus
  9. Balasan
    1. komentar yang mana yah mas. coba di recomment deh. maaf yah baru balas.

      Hapus
  10. Mbak boleh tau dosis pemakaian nya dan aturan pakai per hari hingga mbak sembuh? Saya kmrn dapat Vitrolenta dari dokter mata satu botol kecil isi 5ml dg petunjuk pakai 4x sehari, blm tahu sih ada reaksi apa ngga tp kira2 kalo sebotol itu dah abis sy perlu/boleh beli lagi sendiri hingga sembuh ga ya? Amankah utk dipakai jangka panjang? Terimakasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf yah mba baru balas. kemarin aku juga 4x sehari pemakaiannya, dan sebotol dua botol baru ada reaksinya. menurut aku sih, kalo udah habis konsul lagi ke dokternya yah, takutnya ada apa apa. selama dokter memberi resep yang sama, insha Allah bakal aman pemakaiannya. semoga cepat sembuh :)

      Hapus
    2. mbak saya juga penderita floaters, 2 minggu yang lalu sy juga dikasih vitrolenta tp kemasannya beda,tp pemakaiannya cm 3x sehari,,smp sekarang msh belum ada bedanya mbak,,kata dokter yng sy periksa juga kty sembuhnya lamaaaa,,,jd kemrain sempat putus asa,setelah bc pengalaman mbak sy jadi semangat lagi nih,,

      Hapus
  11. Mba saya knpa ya sudah habis 2 botol knpa jadi agak banyak (bentuk cacing, bening, bulat-bulat) , saya pakai 3 x sehari tapi tdk teratur dan suka tdk tepat (misal sehari cmn 1 kali saja) .. pertanyaan nya mba total habis brpa botol? Dan pantangan apa saja yg di kasih tau dokter ? Terima kasih..

    Ini ada 1 botol lagi (check up ke 3) blum di pakai (masih segel) karena takut jadi banyak lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalaman saya mas, itu sebenernya ga nambah banyak, tapi floaters yg dilihat mas itu mecah, yang pertamanya berbentuk seperti kacang kedela hitam gt, jadi ga hitam tapi nyebar. saya gitu juga soalnya

      Hapus
    2. Harusnya sih rutin yah mas, kalo aku kemarin disaranin 4x sehari dan aku rutin pake nya jadi dai 6 botol semua habis, dan Floaterya juga Alhamdulillah hilag.

      Patangannya udah aku tulis di blog yah mas. Saranku sih ikutin resep dokter mas aja, jgn bandel untuk ngelanggar. semoga cepat sembuh

      Hapus
  12. Sya juga ada floaters . Dan diberi resep vitrolenta. Tapi jarang pakai sih. Maaf kira2 setelah pakai vitrolenta. Agak buram sebentar tidak penglihatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih rutin pakenya yah.. takutnya nanti malah gak ngefek lagi obatnya.

      kalo aku ingat ingat, sepertinya gak deh. paling kalo burem mungkin pas sudah di tetes obatnya beberapa menit setelah itu udah baikan lagi.

      Hapus
    2. Mbak punya kontak saya juga kena floater udah seminggu,, :(

      Hapus
  13. MBAK Kalau daun sirihhh mampu gk sebuhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akunya gak coba pake daun sirih mas, jadi gak tau hehe

      Hapus
  14. mbak dari pertama kali kena floaters nya tahun berapa? sudah lama atau baru ketahuan lgsg periksa dulu itu ya?

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kena floater kurang lebih Setahun lebih yang lalu. pas kena aku mungkin sekitar 1 - 2 minggu baru aku periksa ke dokter.

      Hapus
    2. oh mungkin itu alesannya mbak, soalnya kalo floater yg baru muncul masih bisa di sembuhkan, tapi kalau udah ada bertahun2 susah

      Hapus
    3. masih belum sembuh yah? ayo coba diperiksa lagi.. aku yakinloh pasti bisa sembuh.

      Hapus
  15. Kalo saya pake vitrolente floaternya kaya jadi tambah banyak gitu (seperti cacing) jadi saya takut pakai terus vitrolenta nya, skrng adalah botol ke 3 ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe mirip saya dulu make vitrolenta, makanya saya stop,
      yg penting rutin cek ke dokter spesialis retina tiap 6bulan sekali gpp mas

      Hapus
    2. Saya uda kena floater 10th an dari yg masih sedikit skg tambah banyak hehe . Stress sih . Sy jg pke virtolenta tp ya tetep tmbh byk , di syukuri aja kita masih di beri penglihatan untuk melihat indahnya dunia ,

      Hapus
    3. Sama, saya juga udah dari 3 tahun yang lalu, makin tahun makin banyak

      Hapus
    4. Umur berapa? Saya umur 17 tahun udah ada floaters

      Hapus
    5. Sama gw juga umur 17 udh ada floaters tp floatersnya gw ada tali tali ny warna item sama ada yg bening bening ny juga

      Hapus
  16. floaters makin banyak bisa juga gangguan retina coba mending cek ke dokter spesialis mata jika floater tambah banyak bisa menjadi ablasio..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kt Dokter floaters krn faktor U dan biasa org2 minus tinggi.Sy blm tinggi mgkn krn U.Ablasio itu hub an nya dgn retina ktnya.Kita cek2 deh ke bbrp dr sbg second opini.

      Hapus
  17. Mbak kalau liat lampu kayak bnyk kilatan, bintang dan silau dikit apakah itu floater juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu floaters Pak.Kilatan flashes,ini hrs cek serius.

      Hapus
  18. Sy hari Jumat 4 Agustus pas stir tiba2 kaya ada kilatan dimata kanan.Nah pagi nya ada floaters.Sy ke rmh sakit di ksh vitrolenta dan ktnya retina gpp.Ini dr mata biasa.Semoga bisa hilang ya.Dan sy tdk rasakan ngilu sm sekali.Nah kilatan ini msh ada saat sy di tempat remang atau gelap.Sy mau ke ahli retina jec rencananya.Sbb kilatan(flashes) hub nya dgn retina.Usia sy 51.Minus 3.5.Pakai kacamata sejak 1 Smp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya ke ahli retina. Bisa jadi itu kena ablasio retina.

      Hapus
  19. Mbak kalo kena sejak november 2016
    Kira2 Apa bisa disembuhkan dalam rentang waktu selama ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diperiksakan saja mas, kemarin aku sugesti diri sih semua bisa sembuh.. semoga cepat sembuh.

      Hapus
  20. memang nyiksa bgtt punya penyakit mata..
    dh pada nyoba obat herbal

    BalasHapus
  21. rasanya gmna pas di tetesin obat vitrolentanya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal awal pemakaian, perih.. mata seperti nyut nyut.. tapi sebentar aja.. setelah itu.. mulai biasa.

      Hapus
  22. Mbak kalo saya umur 18 tahun, sudah 3 hari mata saya muncul bayangan bintik hitam. Tapi di dalam rumah gak begitu jelas, samar2. Kalo di tempat terang bayangannya agak jelas terlebih kalo menatap langit. Memang kondisi saya saat itu sedang sakit panas demam, dan tekanan darah di bawah normal. Apa yang saya alami juga eye floaters?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas yah mba. iya benar mba. bercak hitamnya lebih jelas terlihat ketika berada diluar rumah. apakah sampai saat ini masih ada bercak hitamnya mba? apakah bercak hitamnya seperti mengambang, dan mengikuti gerak mata ? kalo iyya segera periksakan ke dokter :) semoga cepat sembuh

      Hapus
  23. Itu harus resep dokter ya mbak obatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mba. takutnya nanti gejala sakit matanya beda.. obatnya juga harusnya beda. sesuai saran dokter aja yah :)

      Hapus
  24. Alhamdulillah saya kena floaters 10 bulan sekarang sudah hilang :) obatnya juga obat tetes vitrolenta sama konsumsi vitamin mata eye vit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama gak kak ilang floaters nya? Sya juga ini kena floters, udah hmpir 2 minggu pke vitrolenta.

      Hapus
    2. boleh gak aku mau lihat gambar eye vit nya dan harganya berapa?

      Hapus
    3. halo Icha Mawarinda, terimakasih sharingnya :)

      halo retno dwi, kalo aku hilangnya sekitar sebulanan , smoga lekas sembuh yah :)

      halo Deden, gambar vitrolenta nya ada di bacaan diatas, harganya lupa. saran sy harus sesuai resep dokter yah

      Hapus
  25. Duhhh .. aku pake vitrologen juga tp bandel ngga semua aku habisin, masih sisa 2, sy GK pake2 lagi dan saat make gk rutin agak ngilu perih gtu d mata, tp ternyata mba sembuh ya pake obat itu, wah harus coba lagi juga deh, soalny pusing lama2 ngeliatin ni hitam bening kaya cacing dan bulat2 bgtu

    BalasHapus
  26. Mbak, 3 hari yang lalu saya periksa eye floaters ke dokter spesialis retina setelah dicek kata dokternya gak bisa diapa2in karena faktor usia (usia saya belum sampai 40 tahun) saya jadi bingung.. karena sampai sekarang masih ada juga floatersnya. Bahkan dokternya bilang kalo dia juga ada floaters sejak umur 19 tahun..apa saya coba second opinion aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemmm,, menurut saya sih, saya coba dokter lain lagi mas. sampe benar benar yakin sambil dijauhi pantangan pantangannya dan makan makanan yg dianjurkan. semoga cepat sembuh mas.

      Hapus
  27. Aku kok mata sebelah kanan doang dan buram juga penglihatanya😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera periksakan ke dokter mas, semoga cepat sembuh :)

      Hapus
  28. Saya baru 2 mingguan ini mengalami stress banget rasanya.. Apa benar" bisa hilang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas Tophan, eye floater aku udah hilang kok. setelah ikuti nasihat dokter dan rutin minum obat. kalo aku bisa sembuh, pasti mas juga. semangat yah, semoga lekas sembuh.

      Hapus
    2. Apakah semua dokter ada obat untuk floaster?

      Hapus
    3. harusnya sih dokter mata tau dan obatnya pasti ada :)

      Hapus
  29. semoga lekas sembuh mampir di mari yach


    http://bawahappyaja.blogspot.com

    BalasHapus
  30. Waduh saya umur 26 skrg.
    Dulu pas umur 22 udah kena ini. Aku kira hal biasa tau2nya bahaya ya?
    Kmrn smpt sakit mata nyut2 di mata kanan. Rasa kaya ditonjok msk kedalem nih mata. saat naik motor siang2 kok ada bayangan bintik kaya cacing gtu. Jd saya biarin ampe skrg.
    apa msh bsa sembuh gak ya klo dipriksa? Soalnya mata kanan doang.
    Saya jg minus pake kacamata -3.5 sering natap monitor soalnya.
    Thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas Angga, kemarin juga aku gejalanya gini.. karna main dihutan jadi kena floater. awalnya bintik nya satu (dimata kanan doang), lama kelamaan jadi sekitar 20an lebih. tapi segera aku periksakan ke dokter, pengobata sekitar 1 -2 bulan akhirnya sembuh total sampai sekarang. namanya penyakit yah mas, yah harusnya diwaspadain. saran dari aku segera diperiksakan ke dokter. aku juga pekerjaannya sebagai IT, jadi hampir 12 jam sehari di monitor terus, tapi bisa sembuh. selamat berusaha yah mas, semoga cepat sembuh :)

      Hapus
  31. Mbk mau bertanya saya juga mengalami floaters dimata kanan dan kiri saya, posisi mata saya sekarang juga -2 apakah itu normal muncul floaters apa tidak, karena saya takut periksa ke dokter. Dan itu sudah sekitar 1 tahunan apakah bisa disembuhkan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas Zetya, aku kemarin cuma satu matu aja dan segera aku periksakan ke dokter. untuk mata minus, gak masalah mas asal mau berobat ke dokter. kalo mau sembuh harusnya gak perlu takut dong, dokter kan tugasnya membantu kita sembuh hehehe. semangat terus yah, semoga lekas sembuh :)

      Hapus
  32. Hallo mba, mamah saya siang tadi shock bgt karena tiba2 muncul bintik hitam dan benang2 di penglihatan matanya, lalu langsing dibawa ke spesialis mata katanya ini floaters, dikasih obat tetes namanya noncort na diklofenak apakah itu sama dengan kayak punya mba vitrolenta? Mba mamah saya ini panik dan sedih karena terkena inj bagaimana cara meyakin kan bahwa bisa sembuh. Terimmakasih mba. Ditunggu reply nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Amelia, turut prihatin yah untuk mamanya. aku disini cuma kasi pendapatku aja yah sebagai penderita yg udah sembuh. jadi sepengetahuan aku, disebut floater karna ada bintik hitam atau benang hitam di penglihatan yg seperti mengambang. faktor utama floater yang pertama karna umur mba dan alaminya banyak diderita oleh pasien miopi (rabun jauh) *cmiiw . awal awal juga aku seperti mamanya mba, shock berat yah apalagi gitu, masih muda udah kena floater. tapi aku harus percaya kalo bisa sembuh, aku sugesti diri sendiri spaya bisa sembuh dan berobat ke dokter. aku ikutin nasihat dokter untuk no hp, no tv, no gorengan dll yg bisa memperburuk keadaan dan aku rajin pake tetes mata juga minum obat. sekitar 1 - 2 bulan akhirnya aku sembuh sampai sekarang. untuk obat tetes nya aku kurang paham yah mba apakah sama atau gak, aku bukan apoteker atau org kesehatan, maaf. cuman saran aku ikuti kata dokter aja lebih terjamin, rajin konsul jika dibutuhkan. untuk mamanya, wajarlah shock diawal awal, selalu support yah mamanya spya gak putus asa. semoga lekas sembuh :)

      Hapus
  33. Assalamu'alaikum Mb.. Terimakasih banyak untuk postingannya. Finally, saya tau apa yg terjadi pada saya. Saya juga mengalami keluhan sama seperti yg Mb alami dan ini sangat mengganggu penglihatan saya, terutama saat membaca materi di laptop ataupun melihat presentasi dosen di proyektor.. Mungkin sudah 3 minggu ini, saya sempat takut dan berpikiran yang aneh-aneh mengenai mata saya. Saya belum menyempatkan diri untuk ke dokter mata karena kesibukan kuliah. Besok in syaa Allah saya mau ke RS. Doakan saya juga bisa cepet sembuh seperti Mb ya. :)
    Jazakillah khayr, Mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam Aminah, iya sama sama senang bisa sharing . semoga lekas sembuh yah , jika ada info ttg gejala nya bisa share ke sini lagi , mungkin ada beberapa yang butuh infonya . makasih yah :)

      Hapus
  34. mungkin banyak juga yang seperti saya pingin periksa tp belum ada dana nya :(

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Sy zahra usia sy akan menginjak 27thn,Ada yang tau kisaran biaya cek up mata,sepertinya saya beberapa hari ini mengalami flashed dan kemudian diiringin bercak hitam kecil di mata kiri dan sebelah kanan namun tdk merasakan perih maupun nyeri,klo boleh tau vitamin untuk mata apa ya namanya,3mnggu sblm sy baru mengalami kondisi kecelakaan jatuh dr motor namun tdk mengalami benturan dikepala maupun dimata,setelah kejadian tsb mata sy masih normal,tp beberapa hari ini gejala mata sy menunjukan flashed ada kilatan cahaya kecil disebelah mata kiri lalu timbul floather kecil,,dan memang aktivitas sy digadget,seperti nonton,membaca, sangat inten hingga begadang..apakah ini berpengaruh,saat ini sy blm konsultasi kedokter mata karna sy blm mengetahui biayanya dan resiko,seiring banyaknya floather mungkin sy akan segera cek up,apakah floater bs dihilangkan atau akan hilang dengan sendirinya...terimakasih mohon dibls artikel sy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii..saya jg floaters periksa mata bs menggunakan bpjs..alangkah baiknya segera ke spm utk mendapat penanganan lbh cepat

      Hapus
    2. Halo kim zahra, turut berduka untuk musibahnya. iya bener bisa pakai BPJS , tdk akan keluar biaya kecuali obatnya diluar tanggung jawab bpjs itu sendiri. kemarin sy berobat mandiri di balai mata , kisaran biaya saat itu (2015) sekitar 200an dgn obat. saran saya segera periksakan ke dokter mata, floater hilang atau tidak itu bukan jaminan dokter setidaknya kita usaha dulu. untuk aktivitas gadget mmg berpengaruh mba/mas . makanan kita juga berpengaruh untuk kesehatan mata, semoga mba/mas lekas sembuh :)

      Hapus
  37. Alhamdulillah kalau memang pada kasus mbak Arfi floaters bisa hilang setelah memakai obat tetes tersebut. Namun pada banyak kasus, tidak jarang pula floaters tetap ada. Pada kasus mbak Arfi, kemungkinan floaters dapat diserap tubuh sehingga hilang. Untuk kasus yang lain, bisa jadi floaters tdk dapat terserap tubuh sehingga tetap ada hingga saat ini. Floaters memang mengganggu. Saya pribadi floaters akan bertambah banyak jika begadang, banyak pikiran, capek, dan semacamnya. Dan akan menghilang jika saya rileks. Bagi yang floaters, disarankan untuk melakukan cek retina juga agar tidak sampai ablasio (www.ablasio.wordpress.com)
    Semoga rekan-rekan sekalian tetap sehat selalu

    BalasHapus
  38. Betulkh mbak arfi ..saya jg punya floaters sebulan lalu dpt resep vitrolent jg..tp blm ada efek itu pun ga tepat waktu make nya..setelah baca ini sya jd semangat lg utk sembuh...sudi kiranya mbak arfi bergabung di komunitas kami disini dan berbagi tips

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo resita , iya ini benar mba. saya juga selain pakai obatnya tepat waktu , sy sugesti bisa sembuh. kalo ada yang ingin ditanyakan bisa lewat IG saja @arfeeongg , inshaa Allah sya bisa jawab sebisanya :)

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari gabung di grup eye floaters add no. ini 085882527327

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. halo Risqia, apakah sebelumnya udah diperiksakan ke dokter mata? saya kena floater di usia 21 tahun, seingat saya juga tidak ada minus tapi pas di cek mata yang kena floater ternyta minus. kurang paham juga, saran sya periksakan segera ke dokter yah, kita gak tau apakah indikasi gejala nya sama atau tidak :)

      Hapus
    4. Risqia kok sama kaya aku ada wa ga kak biar sama sama Konsul enak aku juga di umur seperti itu

      Hapus
  41. Hatganya berapa vitrolenta dan fi mana belinya

    BalasHapus
  42. Hatganya berapa vitrolenta dan fi mana belinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk harganya saya kurang ingat , saran saya ini dibeli sesuai resep dokter yah :)

      Hapus
  43. Mba alfi, saya mw sharing tentang eye floaters, mohon wa ke 085959992001

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ade mian, bisa lewat IG aja yah @arfeeongg , inshaa Allah saya bantu jawab sebisanya dan setau saya :)

      Hapus
  44. Saya masih 20.an jga dikasih obat itu 6kali sehari dan vit.mata
    Kata beliau retina baik ,tpi gk dikasih tau sakit apa dan pantangan.nya
    Semoga bisa cepat sembuhn9ya amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih dokternya infokan kamu sakit apa, yah semoga lekas sembuh kamu :)

      Hapus
  45. Saya skg usia 51th... baru kemarin sore habis nyetir tiba2 di mata kanan seperti ada 2 benang/rambut hitam kecil sktr2-3mm melayang dan menutupi pandangan mata yg juga bergerak mengikuti gerak bola mata.. penasaran dan pagi ini googling dan baru tahu kl itu adalah "eye-floaters"... dan kebetulan nemu blog mbak Arfi ini juga... kl boleh tahu selain obat tetes VITROLENTA oleh dokter juga diberi obat/vitamin apa saja mbak Arfi? mudah2an floters sy bisa disembuhkan jg spt mbak Arfi.. Aamiin Yaa Robbal'alaamiin.. tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas Etbana, iya kemarin selain Vitrolenta , dokternya kasi aku obat minum Retivit namanya, diminum sekali sehari. kurang tau kandungannya . semoga lekas sembuh yah, harus optimis :)

      Hapus
  46. artikel bagus tentang eye floaters nih... http://www.indramuhtadi.com/blog-articles-2017/topik-ke-281-eye-floaters

    BalasHapus
  47. Ka aku sudah check retina tapi kata dr bagus cmn dikasih obat aja.. semoga aku bisa sembuh yaallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mba Arfi saya mau nanya mbak obat tetes fitrolenta nya sehari dipakai 4 kali itu kisaran jam berapa aja makai nya ya mbak terimakasih

      Hapus
    2. 3x sehari satu tetes .Sy jg terkena . Tp sy belum parah bgt . Mgkn kl sdh parah 4x.beli obat di apotik aja. Dr kmrn2 sy sy jg cari tau di google obatnya vitrolenta. Tp Krn takut salah sy ke dokter mata aja ... Eeehhh resep obat tetes matanya sama saja.... Dua macam si. Obat minum sama obat tetes. Smg bisa membantu.

      Hapus
    3. tergantung yah, kalo sehari - 24 jam / 4 kali , berari jarak minum nya per 6 jam. jadi klo pagi tetesnya kisaran jam 8 , next nya ditetes lagi jam 2 siang. semoga lekas sembuh yah :)

      Hapus
  48. Rasanya itu bikin stres,takut, ,
    Aku dikasih obat itu dan vitamin mata ,dokter bilang ini tidak bisa sembuh seperti semula, disitu pikiran gk karu2an, berfikir yang enggkk2
    ,tpi setelah melihat pengalaman diatas ,insaalloh bisa sembuh jika tuhan sudah berkehendak tidak ada yang tidak mungkin, ,
    Semoga saya bisa sembuh seperti kakak arfi

    BalasHapus
  49. Saya baru tau klo itu floter mba.. Sya jga udh periksa cman sya bingung wkt itu mau bicara apa pda dokter sulit untuk d katakan.. Sya blng aja pd dokter bahwa sya akhir akhir ini ska melihat sperti titik hitam pd mta.. Dan dokter tdk bnyak berkata.. Mnus aku lmyan tinggi jga sih.. Tpi jwb dokter itu normal normal aja.. Klo mnus 4 kbwah pasti ada.. Sya pun hnya dksih obt tetes yg sma.. Mba awalnya enk tpi sni ksni jdi ga enk mata trasa panas.. Kering dan sdkit silau.. Dan skg aku bingung.. Sndri.. Hrus gmna lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. efek nya ke mata sama, awal awal biasa aja, lama lama kayak nyeri dan silau. sepertinya normal hal itu. semoga lekas membaik yah :)

      Hapus
  50. Ini di beli dimana?? Aku juga floater padahal umur aku baru 21 tahun. Bikin sedih kalo mikirin mata aku yg kayak gini😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sedih dong, harus optimis bisa sembuh :)
      ini belinya ada kok di apotik tapi harusnya sesuai resep dokter yah

      Hapus
  51. Balasan
    1. kalau ada yang ingin ditanyakan bisa via DM IG saya di @arfeeongg
      inshaa Allah saya jawab sebisanya :)

      Hapus
  52. ijin share ke group facebook: Eye Floaters Support Group Indonesia :)

    BalasHapus
  53. Balasan
    1. alhamdulillah udah gak muncul lagi :)

      Hapus
    2. Kak saya juga terkena floater kedua mata saya kayak ada titik hitam dan garis garis dan juga terjadi kilatan cahaya pada saat melihat cahaya kak

      Hapus
  54. Ka umur saya baru 15 tahun tapi saya sering bgt ngeliat floater di mata saya EMG mata saya juga mines trs klo ngeliat di tempat terang gt suka banyak floater yg muncul saya udh sedih bgt kaa kaya nya udh lama saya begitu dan saya baru memerhatikannya bagaimana ya ka solusi nya soalnya umur saya masih terlalu muda ka 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga udah lama malah saya pengen akhiri hidup rasanya.. sedih 😭

      Hapus
    2. Q juga ada floaters di mata kanan akibat kejatuhan bola..dokter tidak berani mngambil tindakan operasi
      Cuma diksh obat tetes dn obat
      Smapi skrng masih ada floaters saya

      Hapus
    3. Gw juga umur 15 uda ada floters

      Hapus
  55. Alhamdulillah eye floters saya bisa sembuh...hampir 1 bulan mata kiri saya kalau melihat seperti ada bayangan benang yg mengikuti arah pandangan,,,setelah saya cek ke dokter umum saya diberi vitamin mata dan obat tetes mata tapi obat tetesnya tidak saya pakai karena saya takut kalau pakai tetes mata nanti justru mata saya tambah bermasalah...akhirnya saya minun vitamin matanya saja...dan saya rutin minum jus apel beet wortel atau yang dikenal dengan jus ABC(saya dapatkan artikelnya diinternet katanya baik untuk mata)...saya minum setiap hari 1 x...setelah 2 minggu alhamdulillah...eye floters saya bisa sembuh...
    Silahkan dicoba ikhtiarnya teman"...mudah"an segera sembuh.🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau tanya, vitamin mata yg dikonsumsi apa ya? Terima kasih

      Hapus
    2. Ya klo boleh tahu apa nama vitaminnya... .

      Hapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Floater mbak benar2 sama banyaknya dengan gambar diatas ya?

    BalasHapus
  58. Yang sembuh pake itu testimoni dong

    BalasHapus
  59. Mau tanya. Di tahun 2019 ini apakah muncul lagi mba ?, sekalian mau tanya ulang vitamin yg di kasih retivit sama obet tetesnya kan ya?

    BalasHapus
  60. Suami saya baru terkenak n floater..diresepin obat ini jga..tapi disuruh cek lagi ke dr.spesialis lain...krna ntah dah banyak urat2 yg agak memutih dimatanya...saya jdi bingung..kondisinya jga sama..ad tampak bayang hitam..ketika melihat..semoga cepat sembuh

    BalasHapus
  61. Hallo kak saya sudah lama sekali mengalami gangguan ini. Penggunaan vitrolenta pun gaada perubahan. Pantangan dokternya apa kak emang. Dulu saya cuma dilarang mengejan. Mohon infonya agar bisa sembuh juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama saya juga udah lama banget mengalami floaters . gak bisa keluar rumah takut akan jelasnya floaters terlihat slalu di dalam rumah yg gelap agar gak terlalu kelihatan floaters. saya takut sekali dan sedih. jadi gak pengen hidup lagi mana saya orang gak mampu ya allah 😭

      Hapus
  62. Saya jg kena floaters sdh 1bln.saya jalanin pake tetes vitrilenta trs pamajikan sehat bayam wortel ikan,+jus wortel bit tomat n seledri jadi satu...kemudian tambahan anggur 5pc tiap habis makan.tambah buah gojiberi+minyak ikan.sy perhatikan 1bln ini floaters menipis aja.kl ukuran tetap.saya akan lanjutkan sampe sembuh.saya minus 8

    BalasHapus
  63. di mata kiri saya kaya ada gelembung putih gitu dan di mata kanan kaya ada serat-serat hitam tapi cumna 1 gak bnyak, dan udah periksa kek dockter mata saya gak minus, kata dockter .cuman kurang istirahat aja. tapi sampai sekarang saya masi kawatir takut mata saya kenapa"


    btw salam satu sulawesi :D

    BalasHapus
  64. Mba, saya vitrolenta dapatnya yang botol obat tetes, beda bentuknya sama post mba, kira kira bisa sembuh gak yah ?
    tahun kemarin udah habis 1 botol, gada perubahan, tahun ini baru 1 botol, mba habis berapa kali beli ? (mungkin 1 baris yang punya mba sama dengan 1 botol punya saya hehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Floaters nua berbentuk apa? Kalo saya titik hitam 1 melayang2 di penglihatan. Sdh berappa lama kk terkena?

      Hapus
  65. Saya juga kena floeters. Bisakah membeli Vitrolenta tanpa harus ke dokter. Karena bnyk dijual di Apotik. Tolong dibalas. Ma kasih.

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Mbak pas kenanfloater itu awalnya di mata ada rasa kyk pegal2 gitu gak setiap menoleh-nolehlan mata ke samping gitu? Dan jg serasa ada ganjelan gitu di mata?

    BalasHapus
  68. Tidak dijelaskan brp tetes sekali pakai, 1 atau 2/3 tetes?

    BalasHapus
  69. Mbak minta brpa bulan sembuh eyes floter? boleh minta kontak untuk tanya tanya :)

    BalasHapus
  70. Saya juga terkena floater sejak 2 minggu yg lalu, tapi baru kemarin saya ke dokter. Kata nya alamiah dari mata dan bisa memudar sendiri dan membutuhkan waktu lama. Dan juga saya di kasih obat tetes seperti itu. Di gunakan 4x sehari selama 6 jam sekali.

    BalasHapus
  71. saya sudah terkena floaters tapi ga di obatin kirain bisa ilang sendiri tapi sekarangsaya pake obat tetes mata vitrolenta semoga aja bisa hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa udah hilang kak sekarang?

      Hapus
    2. belum masih tetap segitu ga bertambah ga berkurang

      Hapus
    3. saya maen laptop di malam hari terus gelap eh bangun tidur langsung ada floaters kirain bisa ilang sendiri

      Hapus
  72. Kak boleh tau ga makan kakak tiap hari gimana? mau coba hidup sehat tapi ga terlalu ngerti gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara gara apa yah kalo boleh sharing sharing?

      Hapus
    2. jngan begadang kayay janagn terlalu lama menatap layar laptop,hp, soaly sy merasakan hal yg sm krena sy menatap layar hp & laptop terlalu lama, buat yg terkena floaters
      semgat yaa, silahkan sharing ke ig sya @aderiyyani

      Hapus
  73. Saya baru kena mata seblah kiri saya 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara gara apa yah kalo boleh sharing sharing?

      Hapus
    2. Sekarang saya masibpakai vitrolenta sudah 2 mingguan tapi blom ada efek nya

      Hapus
  74. Aku juga kena floater tahun 2019 bulan juli awalnya si nmpaknya ditempat terang aja...setelah mmutuskan brobat k.rs mta cicendo akhir desember...memang diberi vitrolenta sma vitamin eye..awal pemakaian enak v pas pertngahan mta suka perih merah juga v ttp dihabiskan sampe 1 bulan...
    1 bulan berlalu floaters gx nmpak v pas 2 3 bulan malah mkin nampak bnget bahkan bertambah banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mata kaka aman retina nya tapi setelah cek ke RS? usia brapa memang nya skrg?? saya 22th

      Hapus
    2. Alhamdulillah aman pas k.bndung masih bgus saraf2 nya juga tapi makin k.sni mkn bnyak karna kmrin psbb jdi priksa k.rs trdekat dikarawang di cek retinanya alahmdulillah bagus...

      Hapus
    3. Alhamdulillah aman pas k.bndung masih bgus saraf2 nya juga tapi makin k.sni mkn bnyak karna kmrin psbb jdi priksa k.rs trdekat dikarawang di cek retinanya alahmdulillah bagus...

      Hapus
  75. Aku juga kena floater tahun 2019 bulan juli awalnya si nmpaknya ditempat terang aja...setelah mmutuskan brobat k.rs mta cicendo akhir desember...memang diberi vitrolenta sma vitamin eye..awal pemakaian enak v pas pertngahan mta suka perih merah juga v ttp dihabiskan sampe 1 bulan...
    1 bulan berlalu floaters gx nmpak v pas 2 3 bulan malah mkin nampak bnget bahkan bertambah banyak

    BalasHapus
  76. sy jg terkena floaters & kilatan cahaya di mata kiri. sdh periksa 2x diberi vitolenta & cendo. sdh hampur sebln kykx blm ada hasilx. minggu dpn ini mau kontrol lg. sedih rasax. yg paling q takutkn ad kilatan cahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kabarnya? Segera cek dokter retina. mudah mudahan tidak ada hal buruk. amin

      Hapus
  77. saya sudah cek ke dokter
    alhamdulilah katanya retina bagus dan tidak minus penglihatan masih tajam.saran dokter bisa ilang bisa ngk kalo ilang juga butuh waktu lama 3 bulanna katanya terus banyak banyakkin makan wortel atau yang mengandung vitamin c
    obat tetes mata saya beda buka vitrolenta tapi cartalent eye drops

    BalasHapus
  78. Saya juga kena, gimana cara ngatasinya?

    BalasHapus
  79. Ada yaang pengalaman sembuh lagi ga ? Mohon shering

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang ada yg sembuh mbak,, berdamai saja

      Hapus
  80. Ya Tuhan Yesus Ku sembuhkanlah mereka semua yang memanggil namaMU Halelluya Amin...

    BalasHapus
  81. Saya sudah bertahun-tahun
    mata saya kenaa eyefloarers dari smp sekarang udah 19th,,sudah beberapa kali ke dokter dikasih obat tetes mata vitrolenta kayak yang ada digambar,,tapi belum juga sembuh sampai sekarang,,

    BalasHapus
  82. assalamu'alaikum mba, beberapa bulan yang lalu saya mengalami mata gatal, gatal yang teramat dan saya menggunakan obat tetes mata insto setelah beberapa hari pakai mata saya tidak sembuh gatalnya dan tetap seperti itu, parahnya sekarang mata saya muncul bintik bintik hitam dan seperti bayang bayang tali yang terlihat atau sering disebut floater, setelah baca pengalaman mbak saya jadi berpikir positif tentang floater karna awalnya saya sangat takut dan stres akan hal ini hingga untuk kedokter pun saya tidak berani takut mengetahui hal hal yang tidak saya inginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera ke dokter pak/mbak!. agar ada diagnosa di cek di obati Dr. Spesialis Mata agar tidak terlambat. Keep Positif!!!

      Hapus
  83. Balasan
    1. pantangan nya jgn maen gadget terlalu lama sambil tiduran karena menyebabkan mata tegang. apalagi di tempat gelap itu merusak retina mata.

      Hapus
  84. ada yg bisa bikin WA grup ga? atau Line atau Telegram? biar lebih enak klo chat, sharing bisa lebih mudah dan cepat, saya jg kena nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung di Grup Facebook Eyes Floater Indonesia. banyak sharing sharing disana

      Hapus
  85. Klo untuk floaters yang disebabkan mata kejatuhan bola lalu timbul floters pke obt tetes itu bisa sembuh gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung gan, coba konsul ke dokter ada yg sembuh ada yg tetap :)

      Hapus
  86. Maaf mbak",klo mata saya yg kiri udah riwayah Ablasio retina dr 5 tahun yg lalu,,Sdgkn yg kiri,Sdhlin bnyaX floaters n mata saya smkin ga nyaman,Saya minus tinggi,Sy sgaT takut dgn mata Dy tkut akan trkna Ablasio jg,Sdgkn SDH hampir 10 bln inhie su tdk cek up mata,klo mengonsumsi herbal limatta ithu kira" Bgus ga buat,Memelihara kesehatan retina

    BalasHapus
  87. Saya hnya mlihat dgn mata kanan,Ithu pun sdah bnyak floaters dan klo keadaan gelap bnyak bayang",minus saya tinggi,Mata kiri saya sdah ajak 5 Thun lalu Ablasio,SDH TDK bs mlihat,Hnya buangan saja,JD saya ingin mnjgata knan,Jika mengonsumsi limatta apakah bs untuk mmperbaiki retina mata,ataw menjaga ny

    BalasHapus
  88. Haloo semua, saya mengalami ini pd tgl 30/6, bangun tidur dari sakit kepala migrain tiba2 ad garis agak kecoklatan. Dan besok paginya,seperti bercak coklat,, saya kaget, kepikiran,, hiks,, saya rencana mau ke dokter pas libur, semoga mata sy bisa sembuh seperti sedia kala

    BalasHapus
  89. Hai.. hari ini saya berobat yang kedua setelah satu bulan yang lalu berobat dan dikasih obat yang sama dengan yang diatas. Nmun ternyata untuk saya tidak ada perubahan, hingga akhirnya... hari ini dokter bilang untuk laser... tp saya blm berani, dan dokterpun mengatakan ya udah minggu depan.. saya ingin tanya, apakah ada yang pernah laser untuk floaters disini????

    BalasHapus
  90. Yang mau join grup ada di Line Open Chat, "Eye Floaters"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

inovasi teknologi informasi dalam bisnis online

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. di jaman yang serba modern ini, manusia dituntut untuk lebih gesit/cepat dalam melakukan sesuatu. Dalam hal apapun dan kapanpun. Semuanya harus serba praktis, canggih dan cepat. Sebagai bangsa yang berdaulat, indonesia termasuk salah satu negara yang penduduknya turut berpartisipasi dalam modernisasi dunia teknologi. Pentingnya teknologi informasi bagi masyarakat mendorong anak bangsa untuk terus berkarya untuk mewujudkan negara yang lebih baik. Seperti yang kita ketahui, indonesia terdiri dari ribuan pulau, ribuan keanekaragaman hayati dan ribuan suku. Diantara